STRUKTUR KURIKULUM
PROGRAM PENDIDIKAN GURU MADRASAH IBTIDAIYAH (PGMI)
| ElemenKompetensi | Kompetensi | Mata Kuliah | Semester | ||||||||||
| Utama | Pendukung | Lainnya | Klp | Nama MM (SKS) | 1 | 2 | 3 | 4 | 5 | 6 | 7 | 8 | |
| Pengembangan Landasan Kepribadian | Beriman kepada Allah SWT, berakhlak mulia serta memiliki wawasan yang luas | Memiliki wawasan sosial dan akademik secara memadai | Mampu menyesuaikan diri dalam menjalankan profesinya secara mandiri dan pencaya diri | MPK | Bahasa Arab | 2 | |||||||
| Bahasa Inggris | 2 | ||||||||||||
| Bahasa Indonesia | 2 | ||||||||||||
| Pancasila dan Kewarganegaraan | 2 | ||||||||||||
| Al-Qur’an | 2 | ||||||||||||
| Al-Hadis | 2 | ||||||||||||
| Fiqih dan Ushul Fiqh | 2 | ||||||||||||
| SKI | 2 | ||||||||||||
| Tauhid | 2 | ||||||||||||
| Akhlak | 2 | ||||||||||||
| Pengantar Studi Islam | 2 | 2 | |||||||||||
| Islam dan Budaya Lokal | |||||||||||||
| Sub Total | 20 | 2 | 0 | 0 | 0 | 0 | 0 | 0 | |||||
| Penguasaan ilmu dan keterampilan | 1. Menguasai teori-teori dan metodologi pembelajaran.2. Menguasai materi keislaman dan mampu mengembangkannya | 1. Menguasai aspek sosial keagamaan yang berhubungan dengan pendidikan2. Memahami isu-isu pendidikan | Menguasai teori-teori yang mendukung pelaksanaan tugas pendidikan | MKK | Filsafat Ilmu | 2 | |||||||
| Manajemen Berbasis Madrasah | 4 | ||||||||||||
| Kajian Kurikulum MI | 2 | ||||||||||||
| Pengembangan Evaluasi Pendidikan | 2 | ||||||||||||
| Adminsitrasi Pendidikan | 2 | ||||||||||||
| Pengajaran Mikro | 2 | ||||||||||||
| PPL-KKN Terintegrasi | 8 | ||||||||||||
| Dasar-Dasar Pendidikan | 2 | ||||||||||||
| Kepemimpinan Pendidikan | 2 | ||||||||||||
| Bahasa Daerah dan Pembelajarannya | 2 | ||||||||||||
| Fiqh dan Pembelajarannya | 4 | ||||||||||||
| Qur’an Hadis dan Pembelajarannya | 4 | ||||||||||||
| SKI dan Pembelajarannya | 4 | ||||||||||||
| Matematika dan Pembelajarannya I | 4 | ||||||||||||
| Matematika dan Pembelajarannya II | 4 | ||||||||||||
| Sain dan Pembelajarannya I | 4 | ||||||||||||
| Sain dan Pembelajarannya II | 4 | ||||||||||||
| Praktikum Sain I | 2 | ||||||||||||
| Praktikum Sain II | 1 | ||||||||||||
| Pengetahuan Sosial dan Pembelajarannya I | 2 | ||||||||||||
| Pengetahuan Sosial dan Pembelajarannya II | 4 | ||||||||||||
| Pendidikan Keterampilan dan Kesenian | 4 | ||||||||||||
| Bahasa Indoneesia dan Pembelajarannya I | 2 | ||||||||||||
| Bahasa Indoneesia dan Pembelajarannya II | 4 | ||||||||||||
| Teknologi Pembelajaran | 4 | ||||||||||||
| Skripsi | 4 | ||||||||||||
| Sub Total | 0 | 18 | 14 | 12 | 12 | 12 | 2 | 14 | |||||
| Kemampuan Berkarya | 1. Mampu dan terampil menerapkan teori dan metodologi pembelajaran dalam praktek pendidikan.2. Mampu mengembangkan materi-materi keislaman dalam praktek pendidikan | 1. Mampu memahami dan memaknai berbagai fenomena pendidikan secara wajar2. Mampu melakukan berbagai pemecahan masalah pendidikan | Mampu mengembangkan teori pendidikan yang dilandasi oleh nilai-nilai Islam | MKB | Psikologi Umum | 2 | |||||||
| Psikologi Belajar | 2 | ||||||||||||
| Psikologi Perkembangan Anak | 2 | ||||||||||||
| Manajemen Kelas | 3 | ||||||||||||
| Dasar-dasar Konseling | 2 | ||||||||||||
| Manajemen Konseling | 2 | ||||||||||||
| Metodologi Penelitian Pendidikan | 3 | ||||||||||||
| Statistik Pendidikan | 2 | ||||||||||||
| Sub Total | 0 | 0 | 2 | 2 | 9 | 5 | 0 | 0 | |||||
| Sikap perilaku dalam berkarya | 1. Memiliki motivasi untuk mengikuti perkembangan masyarakat khususnya dalam bidang pendidikan2. Memiliki kepekaan terhadap masalah-masalah pendidikan | Bertanggung jawab terhadap kebersihan siswa dalam menempuh pendidikan | Mampu berfikir secara dinamis dalam memahami wacana kependidikan | MPB | Manajemen Perpustakaan*) | 2 | |||||||
| Manajemen Laboratorium *) | 3 | ||||||||||||
| Teknologi Informasi dan Komunikasi | 3 | ||||||||||||
| Sub Total | 0 | 0 | 6 | 0 | 0 | 0 | 2 | 0 | |||||
| Kemampuan berkehidupan bermasyarakat | 1. Mampu berperilaku sesuai dengan prinsip-prinsip pendidikan dalam kehidupan.2. Mampu berhubungan dengan semua lapisan masyarakat | Memiliki kemampuan menerapkan teori dan metodologi pembelajaran dalam kegiatan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat | Dapat memberikan penjelasan dan pemahaman kepada masyarakat tentang berbagai isu pendidikan | MBB | Keterpaduan Islam dan Iptek | 2 | |||||||
| Keterpaduan Islam dan Ilmu Pengetahuan | 2 | ||||||||||||
| Program Pendalaman Keislaman | 2 | ||||||||||||
| Sub Total | 0 | 2 | 0 | 0 | 0 | 0 | 4 | 0 | |||||
| JUMLAH TOTAL | 20 | 22 | 19 | 23 | 21 | 19 | 10 | 14 | |||||




