STRUKTUR KURIKULUM
PROGRAM PENDIDIKAN GURU MADRASAH IBTIDAIYAH (PGMI)
ElemenKompetensi | Kompetensi | Mata Kuliah | Semester | ||||||||||
Utama | Pendukung | Lainnya | Klp | Nama MM (SKS) | 1 | 2 | 3 | 4 | 5 | 6 | 7 | 8 | |
Pengembangan Landasan Kepribadian | Beriman kepada Allah SWT, berakhlak mulia serta memiliki wawasan yang luas | Memiliki wawasan sosial dan akademik secara memadai | Mampu menyesuaikan diri dalam menjalankan profesinya secara mandiri dan pencaya diri | MPK | Bahasa Arab | 2 | |||||||
Bahasa Inggris | 2 | ||||||||||||
Bahasa Indonesia | 2 | ||||||||||||
Pancasila dan Kewarganegaraan | 2 | ||||||||||||
Al-Qur’an | 2 | ||||||||||||
Al-Hadis | 2 | ||||||||||||
Fiqih dan Ushul Fiqh | 2 | ||||||||||||
SKI | 2 | ||||||||||||
Tauhid | 2 | ||||||||||||
Akhlak | 2 | ||||||||||||
Pengantar Studi Islam | 2 | 2 | |||||||||||
Islam dan Budaya Lokal | |||||||||||||
Sub Total | 20 | 2 | 0 | 0 | 0 | 0 | 0 | 0 | |||||
Penguasaan ilmu dan keterampilan | 1. Menguasai teori-teori dan metodologi pembelajaran.2. Menguasai materi keislaman dan mampu mengembangkannya | 1. Menguasai aspek sosial keagamaan yang berhubungan dengan pendidikan2. Memahami isu-isu pendidikan | Menguasai teori-teori yang mendukung pelaksanaan tugas pendidikan | MKK | Filsafat Ilmu | 2 | |||||||
Manajemen Berbasis Madrasah | 4 | ||||||||||||
Kajian Kurikulum MI | 2 | ||||||||||||
Pengembangan Evaluasi Pendidikan | 2 | ||||||||||||
Adminsitrasi Pendidikan | 2 | ||||||||||||
Pengajaran Mikro | 2 | ||||||||||||
PPL-KKN Terintegrasi | 8 | ||||||||||||
Dasar-Dasar Pendidikan | 2 | ||||||||||||
Kepemimpinan Pendidikan | 2 | ||||||||||||
Bahasa Daerah dan Pembelajarannya | 2 | ||||||||||||
Fiqh dan Pembelajarannya | 4 | ||||||||||||
Qur’an Hadis dan Pembelajarannya | 4 | ||||||||||||
SKI dan Pembelajarannya | 4 | ||||||||||||
Matematika dan Pembelajarannya I | 4 | ||||||||||||
Matematika dan Pembelajarannya II | 4 | ||||||||||||
Sain dan Pembelajarannya I | 4 | ||||||||||||
Sain dan Pembelajarannya II | 4 | ||||||||||||
Praktikum Sain I | 2 | ||||||||||||
Praktikum Sain II | 1 | ||||||||||||
Pengetahuan Sosial dan Pembelajarannya I | 2 | ||||||||||||
Pengetahuan Sosial dan Pembelajarannya II | 4 | ||||||||||||
Pendidikan Keterampilan dan Kesenian | 4 | ||||||||||||
Bahasa Indoneesia dan Pembelajarannya I | 2 | ||||||||||||
Bahasa Indoneesia dan Pembelajarannya II | 4 | ||||||||||||
Teknologi Pembelajaran | 4 | ||||||||||||
Skripsi | 4 | ||||||||||||
Sub Total | 0 | 18 | 14 | 12 | 12 | 12 | 2 | 14 | |||||
Kemampuan Berkarya | 1. Mampu dan terampil menerapkan teori dan metodologi pembelajaran dalam praktek pendidikan.2. Mampu mengembangkan materi-materi keislaman dalam praktek pendidikan | 1. Mampu memahami dan memaknai berbagai fenomena pendidikan secara wajar2. Mampu melakukan berbagai pemecahan masalah pendidikan | Mampu mengembangkan teori pendidikan yang dilandasi oleh nilai-nilai Islam | MKB | Psikologi Umum | 2 | |||||||
Psikologi Belajar | 2 | ||||||||||||
Psikologi Perkembangan Anak | 2 | ||||||||||||
Manajemen Kelas | 3 | ||||||||||||
Dasar-dasar Konseling | 2 | ||||||||||||
Manajemen Konseling | 2 | ||||||||||||
Metodologi Penelitian Pendidikan | 3 | ||||||||||||
Statistik Pendidikan | 2 | ||||||||||||
Sub Total | 0 | 0 | 2 | 2 | 9 | 5 | 0 | 0 | |||||
Sikap perilaku dalam berkarya | 1. Memiliki motivasi untuk mengikuti perkembangan masyarakat khususnya dalam bidang pendidikan2. Memiliki kepekaan terhadap masalah-masalah pendidikan | Bertanggung jawab terhadap kebersihan siswa dalam menempuh pendidikan | Mampu berfikir secara dinamis dalam memahami wacana kependidikan | MPB | Manajemen Perpustakaan*) | 2 | |||||||
Manajemen Laboratorium *) | 3 | ||||||||||||
Teknologi Informasi dan Komunikasi | 3 | ||||||||||||
Sub Total | 0 | 0 | 6 | 0 | 0 | 0 | 2 | 0 | |||||
Kemampuan berkehidupan bermasyarakat | 1. Mampu berperilaku sesuai dengan prinsip-prinsip pendidikan dalam kehidupan.2. Mampu berhubungan dengan semua lapisan masyarakat | Memiliki kemampuan menerapkan teori dan metodologi pembelajaran dalam kegiatan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat | Dapat memberikan penjelasan dan pemahaman kepada masyarakat tentang berbagai isu pendidikan | MBB | Keterpaduan Islam dan Iptek | 2 | |||||||
Keterpaduan Islam dan Ilmu Pengetahuan | 2 | ||||||||||||
Program Pendalaman Keislaman | 2 | ||||||||||||
Sub Total | 0 | 2 | 0 | 0 | 0 | 0 | 4 | 0 | |||||
JUMLAH TOTAL | 20 | 22 | 19 | 23 | 21 | 19 | 10 | 14 |