Search
Close this search box.
Search
Close this search box.
Berita Terbaru

STUDI ISLAM DAN POLITIK DI PESANTREN; MENGAPA TIDAK?

Membangun Peradaban Harus Disertai Akumulasi Sumber Daya dan Mobilisasi Kapital

MPBA IPMAFA Terima Kunjungan Studi Banding STAI Sunan Pandanaran Yogyakarta

Tingkatkan Kualitas, Dosen Magister PBA IPMAFA Adakan Ijtima’ Tansiqiy

Dirkamsel Korlantas Polri Bahas Program Keselamatan Berkendara di IPMAFA

IPMAFA Sukses Gelar Marching Competition Tingkat Nasional Perebutkan Piala Menpora dan Rektor IPMAFA
Share
WhatsApp
Facebook
Twitter

Redaksi IPMAFA – Institut Pesantren Mathali’ul Falah (IPMAFA) Pati sukses menggelar Kejuaraan Nasional IPMAFA Marching Competition (IMC) Perdana Tahun 2023 memperebutkan Piala Menpora RI dan Rektor IPMAFA pada Sabtu (2/9/2023).

Kejuaraan Nasional Perdana yang digelar IMC ini diikuti 23 tim dari berbagai daerah, mulai dari Pati, Demak, Jepara, Kudus, Semarang, Purwodadi, Rembang dan Demak.

Jenis perlombaan dalam kejuaraan tersebut meliputi Unjuk Gelar Non Mandiri dan Non Mandiri (Konser) Tingkat Sekolah Kanak-Kanak (TK), Unjuk Gelar Mandiri (Konser) Tingkat Sekolah Dasar (SD), Marching Show Band Tingkat Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama/ Tingkat Sekolah Lanjutan Tingkat Atas (SLTP/SLTA), dan Military Band (Umum).

Kegiatan bertajuk Disiplin, Kebersamaan, Sportifitas, dan Kreatifitas ini terselenggara atas Kerjasama IMC, Kemenpora RI, IKA IPMAFA, Perguruan Islam Mathali’ul Falah (PIM) PP KMF, Persatuan Drum Band Indonesia (PDBI) dan Asian Marching Band Confederation (AMBC).

Dalam sambutannya, Ketua IMC M Imamu Muttaqin menyampaikan perhelatan marching band tingkat nasional dan perdana dari IPMAFA diharapkan tidak hanya menjadi acara insidental saja, tapi dapat menjadi agenda rutin yang berkelanjutan.

“Kami berkomitmen dan berharap kegiatan ini bisa berkelanjutan untuk memperkenalkan seni marching band lebih luas lagi,” tutur Imam.

Selanjutnya Perwakilan PP KMF Imam Sholahuddin menyampaikan selamat kepada seluruh tim yang akan tampil dan berpesan tetap menjaga sportifitas sebagaimana tajuk dalam kegiatan IMC ini.

“Selamat berlomba, bersiaplah untuk menjadi pemenang, dan jangan kecewa jika hari ini Tuhan belum mengizinkan tim Anda sebagai pemenangnya. Ambillah hikmahnya bahwa ketika dalam melakukan kompetisi, maka di situ kita masih ada kesempatan lagi untuk memperbaiki diri dan mempersiapkan dengan sebaik-baiknya,” pesan Sholahuddin.

Sambutan terakhir dalam pembukaan kegiatan IMC ini disampaikan Rektor IPMAFA Abdul Ghofarrozin. Ia menyampaikan bahwa drum band dan marching band merupakan hal penting yang bisa menyatukan kebhinekaan.

“Drum band merupakan salah satu unsur yang mempersatukan, menyamakan dan mempertemukan kebhinekaan kita,” tuturnya.

Gus Rozin juga mengungkapkan bahwa kegiatan IMC ini merupakan penyelenggaraan kedua dari yang pertama bersifat lokal dan terbatas sebelum pandemi. Sedangkan kali ini merupakan tampilan nasional yang perdana.

Ia berharap penyelenggaraan kedua ini bisa lebih baik dari yang pertama, istikamah, berkembang dan menjadi agenda rutin IPMAFA Marching Competition.

Simbolis Pembukaan IMC 2023 ditandai dengan pemukulan Gong sebanyak Sembilan kali oleh Rektor IPMAFA dan ditutup dengan doa oleh Ketua Yayasan Nurussalam Dr. KH. Ali Subhan, MA.

Hadir dalam kegiatan tersebut Rektor IPMAFA, Wakil Guber Jawa Tengah, H. Taj Yasin Maimoen, Ketua Yayasan Nurussalam, Perwakilan Pengurus Pusat (PP) Keluarga Mathali’ul Falah (KMF) Imam Sholahuddin, Pengurus Pusat PDBI, AMBC, Danramil dan Kapolsek Margoyoso, Pengurus IKAFA, para mitra kerjasama maupun sponsor, Jajaran Civitas Akademika IPMAFA, dan tamu undangan.

Kegiatan ini Disponsori oleh: PERTAMINA, RSI Patu, BMT Fastabiq, USB Design, Mazda Grafika, BNI, PG Trangkil, KSU Annisa, Kohe Clothing, KSPPS USB, CK Marching, BPRS Artha Mas Abadi, Bank Artha Huda Abadi, Kejennesia, Kopi Original Santri  |  Media Partner: LPM Analisa IPMAFA, Joglojateng.com, Mitrapost.com, Beritajateng.id, Lingkarjateng.id, Wartapati.com, Suaramerdeka.network, Infojateng.id. (Uha-01)