Search
Close this search box.
Search
Close this search box.
Berita Terbaru

STUDI ISLAM DAN POLITIK DI PESANTREN; MENGAPA TIDAK?

Membangun Peradaban Harus Disertai Akumulasi Sumber Daya dan Mobilisasi Kapital

MPBA IPMAFA Terima Kunjungan Studi Banding STAI Sunan Pandanaran Yogyakarta

Tingkatkan Kualitas, Dosen Magister PBA IPMAFA Adakan Ijtima’ Tansiqiy

Dirkamsel Korlantas Polri Bahas Program Keselamatan Berkendara di IPMAFA

Tingkakan Kualitas, PUSBA IPMAFA Lakukan Kunjungan Kerja Studi Banding ke Tiga Kampus Bahasa Sekaligus
Share
WhatsApp
Facebook
Twitter

Dalam rangka meningkatkan kualitas dan pelayanan, Pusat Bahasa Institut Pesantren Mathali’ul Falah melakukan kunjungan kerja studi banding ke beberapa lembaga pusat Bahasa kampus yang ada di Yogyakarta.

Pada kunjungan studi banding ini, yang dituju adalah tiga pusat Bahasa kampus yaitu: (1) Pusat Bahasa Universitas Gadjah Mada (UGM) yang ada di bawah naungan Fakultas Ilmu Budaya UGM; (2) Pusat Bahasa Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga; (3) Pusat Bahasa Cilacs (Center for International Language dan Cultural Studies) Universitas Islam Indonesia (UII). Turut hadir dalam kunjungan studi banding ini yaitu; Dr. A. Dimyati yang diwakili oleh Imam Adzroi, Kamilia Hamidah (Kepala Pusat Studi Bahasa IPMAFA) Ulya Rosyita (tim perumus materi dan tutor), Aizzatul Laili (Staf Pusat Bahasa IPMAFA).

Pada kunjungan ke Pusat Bahasa FELAS (Foreign Language Learning Service) FIB UGM diterima oleh Dr. Wira Kurniawati, S.S., M.A. selaku coordinator language and culture, Dr. Ni Gusti Ayu Roselani, M.A, Dr. Aprillia Firmonasari, S.S., M.Hum selaku coordinator FELAS, Shindu S.S., M.Hum. selaku staf administrai dan Fransisca Ami Nugrahaeni, S.I.P selaku staf administrasi.

Dalam kunjungan ini dilaksanakan pembahasan umum, bertukar informasi sekaligus pembahasan mengenai tata kelola kelembagaan, program-program yang ditawarkan, sistem administrasi, struktur kelembagaan dan peluang kerja sama kelembagaan. Kunjungan ini ditutup dengan serah terima kenang-kenangan dari kedua belah pihak.

Selanjutnya pada hari kedua tanggal 3 Agustus 2022, kunjungan studi banding dilanjutkan ke Pusat Bahasa UIN Sunan Kalijaga, yang diterima oleh Bapak Fuad Arif Fudiyartanto, S.Pd., M.Hum., M.Ed., Ph.d, didampingi oleh Bapak Fakih selaku staf administrasi dan Mbak Widya selaku bagian keuangan P2B UIN Sunan Kalijaga.

Dalam kunjungan ini dilaksanakan pembahasan umum mengenai lembaga masing-masing, dari pihak Pusat Bahasa UIN Suka juga memaparkan gambaran umum lembaga pusat bahasa UIN Suka, struktur kelembagaan, tata kelola kelembagaan, program-program yang dijalankan, kemitraan, juga peluang kerja sama dengan Pusat Bahasa Ipmafa terkait dalam pengembangan perumusan materi TOAFL yang saat ini sedang dikembangkan di lingkungan IPMAFA. Dari Pusat bahasa UIN SUKA juga menawarkan kemungkinan capacity building dalam pengembangan materi TOAFL. Kunjungan ini ditutup dengan serah terima kenang-kenangan dari kedua belah pihak.

Kunjungan ketiga dilanjutkan ke Center for Language dan Cultural Studies (Cilacas) UII, yang diterima oleh Lizda Iswari, S.T., M.Sc. selaku Kepala Cilacs, Aisyiyah, S.E., M.M., (Kadep. Keuangan), Suprihatin, S.Pd. (Kadep. Akademik), Enggar Sholichatun, S.H (Kadep. SDM), Aditya Suci, S.Pt. (Kadep. Pemasaran), Muh. Yusuf Arif Nur Rahmat, S.Pd. (Kadep. Layanan tes).  Dalam kunjungan ini dilaksanakan pembahasan umum mengenai lembaga masing-masing, dari pihak Cilacs juga memaparkan gambaran umum lembaga pusat bahasa Cilacs, struktur kelembagaan, tata kelola kelembagaan, program-program yang dijalankan, kemitraan, juga peluang kerja sama dengan Pusat Bahasa IPMAFA terkait kemungkinan  kemitraan dalam pelaksanaan ITP terkait peluang Pusat Bahasa IPMAFA sebagai Test Station Point untuk test TOEFL maupun ITP. Kunjungan ini ditutup dengan serah terima kenang-kenangan dari kedua belah pihak.